Diet Sehat Bagi Anak Obesitas

Diet Sehat bagi Anak Obesitas. Pemahaman tentang diet tentu tidak bisa disamaratakan antara diet orang dewasa dengan diet pada anak-anak. Karena pada anak akan banyak sisi pertimbangan dan cara diet harus extra diperhatikan.  Anak obesitas cenderung meningkat akhir-akhir ini karena perkembangan kuliner yang semakin menggila, berbagai junk food yang tidak sehat namun mudah di dapatkan sudah mempengaruhi gaya hidup anak modern.

Untuk itu salah satu cara mengontrol kembali berat badan anak yang sudah terlanjur obesitas, ada beberapa tips aman diet anak yaitu :
Diet Sehat Bagi Anak Obesitas
  1. Selalu usahakan memberi sarapan sehat pada anak. Jangan biasakan memberikan sereal, sandwich dengan keju dan susu atau gorengan. Biasakan memberikan makanan sehat, misalnya susu rendah lemak dan sepotong roti gandum yang kaya serat atau buah-buahan segar yang tidak asam.
  2. Jam dan jadwal cemilan anak antara jadwal makan wajib bisa di gantikan dengan memberikan jus sehat, jus buah-buahan apael, mangga, pepaya, semangka, jambu, jeruk, alpukat dan sebagainya, hindari cemilan manis seperti permen, coklat, dan keripik kentang yang kaya lemak dan penyedap rasa.
  3. Sayur-sayuran sebagai menu wajib dalam makan, karena sayur sangat membantu proses penyerapan makanan dan melancarkan buang air besar pada anak. Serat pada sayuran membantu pertumbuhan anak tanpa membuat anak menjadi bertambah gemuk
  4. Biasakan mengkonsumsi roti atau cake dari bahan gandum yang minim karbohidrat tapi kaya serat dan protein. Berbeda dari roti terigu yang sangat banyak karbohidrat dan kandungan gulanya.
  5. Gunakan gula jagung yang rendah kalori, untuk mendukung diet anak, agar kadar gula darah anak bisa seimbang, karena kemungkinan diabetes pada anak akan sangat besar jika anak mengalami obesitas.