Siapakah Pemain Bola Terbaik Sepanjang Masa?

Ada tokoh legendaris dalam berbagai bidang, termasuk sepak bola. Walaupun saat ini dunia sepak bola dunia sedang dibanjiri pemain-pemain muda berbakat, tetap saja tidak ada yang bisa memungkiri abadinya nama-nama para pemain bola terbaik dunia dengan prestasi yang nyaris belum bisa disamai oleh para pemain muda. Jika anda bercita-cita menjadi pemain bola atau hanya seorang penggemar sepak bola yang ingin belajar dari para pemain terbaik dunia mengenai kegigihan, prestasi dan hasil dari ketekunan, anda tentu harus mengenal nama-nama pemain ini.

Siapakah pemain bola terbaik dunia yang namanya akan terus dikenang sepanjang masa? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Pele.
Pemain Bola Terbaik
Pemain bola legendaris asal Brazil ini termasuk salah satu 'anak ajaib' dalam dunia sepak bola. Ia memiliki teknik pertahanan dan penyerangan sempurna dan pernah membawa Brazil menjadi juara dunia sebanyak 3 kali. Dialah pemain yang berhasil mendapat julukan pemain terbaik sepanjang abad dari IFFHS dan juga dipanggil Mutiara Hitam oleh penggemarnya.

Maradona.
Pemain Bola Terbaik
Pemain bola Argentina ini sepintas tidak terlihat seperti layaknya pemain bola unggulan, karena postur tubuhnya yang cenderung pendek dan agak gempal serta sifatnya yang temperamental dan membuatnya kerap dimusuhi awak media serta sesama pemain. Akan tetapi, Maradona berhasil mengubah kelemahannya menjadi keunggulan dengan mengembangkan gaya permainan yang lincah dan kukuh (tubuh pendeknya membuatnya lebih baik dalam mempertahankan keseimbangan dan kakinya yang gempal berotot dilatihnya agar kuat). Walau sempat terjerumus ke obat terlarang dan sempat membuat kontroversi lewat Gol Tangan Tuhan-nya, Maradona tetap menjadi pemain yang diidolakan di seluruh dunia.

Ronaldo.
Pemain Bola Terbaik
Pemain bola asal Brazil yang mendapat 3 gelar pemain terbaik versi FIFA ini terkenal dengan gaya bermain yang lincah, kemampuan gol yang akurat dan teknik dribbling yang cekatan. Walaupun pada akhirnya karirnya menurun karena cedera, Ronaldo telah sempat menyabet berbagai gelar serta berkarir di beberapa klub terbaik dunia.

Lev Yashin.
Pemain Bola Terbaik
Sebagai kiper, nama Lev Yashin terkenal bukan hanya karena kecekatan dan kehebatannya dalam menjaga gawang, melainkan juga karena ia telah mengilhami standar permainan kiper untuk sepak bola modern. Pemain Uni Sovyet ini bermain di 3 Piala Dunia, Olympiade Melbourne, memenangkan 78 piala dan mendapat penghargaan European Player of the Year. Karirnya berakhir pada tahun 1986 setelah cedera lutut mengharuskan salah satu kakinya diamputasi, namun saat ini, belum ada kiper dunia yang bisa disejajarkan dengannya. Tidak heran jika Lev Yashin bukan hanya menjadi pemain bola terbaik, namun juga dianggap pahlawan negara.