Tips Agar Tetap Sehat dan Cantik Saat Hamil

Tips Agar Tetap Sehat dan Cantik Saat Hamil. Menjadi wanita hamil bukanlah merupakan hal yang mudah. Pada saat Anda hamil, seringkali Anda harus menjauhi produk-produk kecantikan tertentu untuk menghindari resiko masalah kesehatan yang mungkin dapat ditimbulkan. Perubahan tubuh selama kehamilan tersebut dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri karena tidak dapat tampil yang terbaik. Untuk mengatasi hal tersebut, kami akan memberikan tips dan trik tetap sehat dan menawan saat hamil. Berikut ulasan kami untuk Anda.
Sehat dan Cantik Saat Hamil
1. Mengecat rambut
Banyak wanita yang ingin melakukan perbaikan penampilan diri pada saat mengandung dengan cara mengecat rambut. Dr Mary Rosser yang merupakan staff di Department of Obstetrics, Gynecology, and Women's Health di Montefiore Medical Center, Montefiore menyarankan wanita untuk menghindari aktivitas pewarnaan rambut pada saat hamil. Jika wanita tersebut tetap ingin melakukan pewarnaan rambut, maka lebih disarankan untuk melakukan hal tersebut pada trisemester pertama. Selain itu, wanita yang hamil perlu menjelaskan bahwa mereka sedang hamil dan meminta untuk menjauhkan kulit kepala dari bahan-bahan kimia kepada sang penata rambut.

Lalu, mengapa mengecat rambut dapat menjadi masalah bagi ibu hamil ? Alasan mengapa cat rambut beresiko bagi ibu hamil adalah bahan-bahan kimianya yang mengandung amonia sehingga dapat membahayakan janin yang baru masuk pada trisemester awal kehamilan. Asap yang dihasilkan oleh proses pelurusan rambut tersebut juga merupakan masalah tersendiri.

Jika Anda ingin mengecat rambut dengan bahan alami, Anda dapat menggunakan Henna sebagai pewarna alami.

2. Aturan Menicure Pedicure
Wanita hamil boleh melakukan menicure setelah tiga bulan awal kehamilan selesai. Namun, ada baiknya untuk mengecek kebersihan alat yang digunakan pihak jasa menicure tersebut. Selain itu, Anda perlu meminta pada petugas untuk tidak memotong kulit ari untuk mencegah kuman yang masuk. Penggunaan kuku terutama kuku akrilik juga perlu dihindari karena mengandung bahan-bahan kimia cyanoacrylate dan dapat berbahaya

3. Aturan Pembersihan Berjerawat
Untuk mengobati jerawat, wanita hamil dapat memakai kosmetik bebas minyak (oil-free) serta rajin membersihkan bagian wajah selama dua kali sehari dengan menggunakan air hangat dan pembersih. Mintalah kepada dokter untuk menggunakan erythromycin jika jerawat Anda tidak kunjung sembuh. Anda dilarang untuk menggunakan tetracycline atau Retin A karena dapat memperbesar resiko cacat pada bayi.

Setelah membaca tips tersebut, Anda dapat beraktivitas sehari-hari seperti biasa. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda.